Wanita Pasti Merasakan Keputihan Normal Jenis Ini

Sebagian wanita kerap mengalami keputihan. Namun Anda tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan normal. Karena sebenarnya, keputihan normal memiliki beberapa tujuan, yakni untuk membersihkan dan melembapkan vagina, serta membantu mencegah dan melawan infeksi.

Perlu diketahui bahwa cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim membawa sel-sel mati dan bakteri yang mati. Hal ini dapat menjaga vagina Anda tetap bersih.

Begini Keputihan yang Normal

Keputihan normal adalah fungsi tubuh yang sehat, hal ini merupakan bagian dari sistem tubuh untuk membersihkan dan melindungi vagina Anda. Keputihan adalah zat cair atau semipadat yang mengalir keluar dari lubang vagina.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan

Dinding vagina dan leher rahim mengandung kelenjar yang menghasilkan sedikit cairan untuk membantu menjaga kebersihan vagina. Cairan ini atau yang dikenal dengan keputihan normal tersebut biasanya berwarna putih bening atau putih susu; tidak berbau; tebal dan lengket saat menjelang siklus haid; bening/lebih jernih, basah, dan licin saat menjelang ovulasi atau masa subur (berbagai tanda-tanda tersebut mungkin tidak terjadi jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal)

Biasanya, jumlah cairan pada keputihan normal akan meningkat ketika Anda sedang berolahraga, mengalami gairah seksual, pada masa ovulasi, mengonsumsi pil KB, dan saat sedang stres. Cairan vagina normal dapat bervariasi dalam hal tekstur dan warnanya. Cairan ini bisa saja lengket, agak tipis, elastis, atau tebal. Keputihan normal ini sangat bervariasi pada setiap wanita. Namun konsistensi dan kadang  warnanya dapat berubah saat terjadi perubahan hormonal yang dipicu oleh stres, menstruasi, atau konsumsi pil KB.

Keputihan adalah momok yang menakutkan bagi banyak wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan sering membuat rasa percaya diri turun, terutama bagi wanita yang telah menikah. Keputihan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan yang harus diwaspadai (patologis).

Mana keputihan yang normal, mana yang harus mendapatkan perawatan dokter, Anda harus bisa membedakannya!


Keputihan Fisiologis

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan jenis ini akan terjadi pada wanita yang telah mengalami menstruasi. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi, atau pada saat mendapat rangsangan.

Baca juga : Penyebab Anda Telat Menstruasi

Ciri-ciri keputihan normal adalah:

Cairan encer
Warna cairan transparan atau bening
Cairan tidak lengket
Tidak bau
Tidak menyebabkan gatal
Jumlah cairan yang keluar sedikit
Jika Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri di atas, tidak perlu panik. Hal ini normal terjadi setiap bulan. Jika Anda merasa tidak nyaman, basuh organ intim dengan air bersih, keringkan dengan handuk bersih dan ganti pakaian dalam Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar