Pengertian Keputihan Pada Wanita

Pengertian Keputihan Pada Wanita - menurut Wiknjosastro (1999) Leukorea (whiete discharge, fluor albus, keputihan) adalah nama gejala yang diberikan kepada cairan yang dikeluarkan dari alat-alat genitalia yang tidak berupa darah. 

Keputihan adalah semua pengeluaran cairan alat genitalia yang bukan darah. Keputihan bukan penyakit tersendiri, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan (Manuaba, 1999). 

Keputihan (leukorea atau flour albus) adalah cairan yang keluar dari vagina. Dalam keadaan biasa, cairan ini tidak sampai keluar, namun belum tentu bersifaat patologis. 



Pengertian lain dari leukorea atau flour albus, yaitu: 


- Setiap cairan yang keluar dari vagina selain darah. Dapat berupa sekret, transudasi, atau eksudat dari organ atau lesi di saluran genital. 


- Cairan normal vagina yang berlebih, jadi hanya meliputi sekreasi dan transudasi yang berlebih , tidak termasuk eksudat. 

baca juga : Obat Keputihan Alami dan Tradisional


Sumber cairan ini dapat berasal dari sekreasi vulva, cairan vagina, sekresi serviks, sekresi uterus, atau sekresi tuba falopii, yang dipengaruhi fungsi ovarium (Mansjoer, dkk, 2001). 

Keputihan didefinisikan sebagai keluarnya cairan dari vagina. Cairan tersebut bervariasi dalam konsistensi (padat, cair, kental), dalam warna (jernih, putih, kuning, hijau) dan bau (normal, berbau) 

Keluarnya cairan dianggap tidak normal kalau cairan yang keluar tidak berwarna jernih, tetapi berwarna putih kekuning-kuningan atau hijau, bahkan sering disertai dengan darah. Keluarnya pun tidak pada saat sebelum atau sesu- dah menstruasi, tetapi sepanjang waktu. 


Kadang-kadang cairan yang keluar memberikan bau yang khas, bahkan bau sangat amis atau menyengat. Kalau kondisinya sudah demikian, pada wanita yang menderita keputihan akan merasakan gatal dan agak panas atau perih di daerah vagina 

Nah demikianlah pengertian keputihan pada wanita dari berbagai sumber, semoga itu bisa menambah referensi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar